GAME ENGINE (CryEngine and EgoEngine)

   GAME ENGINE




    Kalian pasti tahukan bahwa game yang sering kita mainkan di Smartphone atau di komputer itu dibuat oleh programer dengan menggunakan software atau perangkat lunak yang istilah kerennya disebut Game Engine, tapi kalian tahu gak sih apa itu Game Engine ?

     Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.

      Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.

nah udah pada tahukan apa itu Game Engine?, berikut ini adalah fungsi pada Game Engine.

     Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh Game Engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.

Berikut ini adalah tipe-tipe pada Game Engine :

  • Roll-your-own game engine
   Game engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis. selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya

  • Mostly-ready game engines
    Game engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine  ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.

  • Point-and-click engines
  Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, sudah bisa merilis game.  Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya


Kali ini ada 2 Game Engine yang akan dibahas yaitu :

1. CryEngine 



Company : Crytek
Platforms : Windows, Linux, Android, iOS, PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Tanggal Rilis : 11 Maret 2009
Bahasa Pemrograman : C++, C#, Lua
Type : 3D

       CryEngine 3 merupakan teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan suatu objek terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan memudar dan sedikit menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena sentuhan dari pemain yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan angin yang lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti nyata, tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan disuatu objek mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3 menjanjikan grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world. Dari Cry Engine 3 ini kita juga bisa melihat tampilan yang kabur ketika bergerak bergantung kepada kecepatan, dan pembiasan diri dari partikel-partikel merupakan satu hal yang sangat realistik yang pernah disaksikan dari suatu game engine. Belum lagi tessellation yang membuat air dilautan terlihat begitu nyata, juga mampu menimbulkan banyak buih ketika terjadi gesekan antara gelombang-gelombang air laut.


Contoh game yang menggunakan teknologi graphic Cry Engine yaitu :

  • Crysis Series


  •  FarCry Series

  • Aion : Tower of Eternity.


2. EGOEngine


Company : Codemasters and Sony Computer Entertainment 
Platforms : Linux, MacOS, Microsoft Windows, PlayStation 3, PlayStation 4, Wii, Wii U, Xbox 360, Xbox One
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Tanggal Rilis : 6 Desember 2007
Type : 2D dan 3D

       Ego Engine adalah versi modifikasi dari Game Engine Neon yang digunakan pada Game Colin McRae: Dirt dan dikembangkan oleh Codemasters dan Sony Computer Entertainment menggunakan mesin grafis lintas platform PhyreEngine dari Sony Computer Entertainment. Mesin Ego dikembangkan untuk membuat kerusakan dan fisika yang lebih rinci serta membuat lingkungan skala besar.

        Game engine ini terbukti berhasil menjadikan seri Colin McRally sebagai salah satu game racing terbaik yang pernah di buat. Sebagai sebuah racing game, Ego Engine mampu memberikan simulasi racing yang sempurna, dan mampu menampilkan visual detail berbagai macam jenis kendaraan yang berbeda secara bersamaan. Tidak hanya itu, Ego Engine juga mempu menciptakan pemandangan yang menawan dan sangat mendetail.

Contoh game yang menggunakan teknologi graphic EGO Engine yaitu :


  • F1 Series (2009 - Sekarang)

  • Dirt Series (2007 - Sekarang)


  • Operation Flash Point Dragon Rising and Red River (2009 - 2011)


Berikut Kelebihan dan Kekurangan Game Engine yang telah dibahas :

1. Cry Engine
     Kelebihan
  • MultiPlatform
  • Level Design Yang Sangat Baik
     Kekurangan
  • Memiliki Skill Programming
  • Lambat Dalam Pembuatan Objek
  • Berbayar Jika Ingin Tersedianya Asset Secara Cepat
2. Ego Engine
     Kelebihan
  • Objek Detail
  • FPS Cepat
  • AI Yang Unik
     Kekurangan
  • Membutuhkan Komputer Yang Mumpuni Untuk Membuat Game
  • Mahal Dalam Memproduksi Sebuah Game


Nah itulah pengertian Game Engine dan beberapa Game Engine yang telah dibahas tadi, jika ada salah informasi, data atau kata, mohon di maafkan dan jangan lupa untuk kasih komentar tentang artikel ini ya, Terima Kasih Telah berkunjung.



Sumber :


Komentar